Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Sistem Pendidikan Indonesia Belum Berbasis Budaya

Sistem Pendidikan Indonesia Belum Berbasis Budaya

Yogyakarta, www.jogjatv.tv – Indonesia sebagai negara berkembang, terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan bagi rakyatnya. Sayangnya, langkah ini dinilai belum sesuai harapan, dan cenderung  melenceng dari konsep pendidkan yang berbasis agama dan budaya. Sementara itu penerapan kuriklum 2013 bagi sekolah jenjang SD hingga SLTA juga dinilai  belum tepat, lantaran sdm  guru yang belum  siap.

 

Kritik atas carut marutnya  sistem pendidikan di Indonesia tersebut disampaikan Rektor UAD, Kasiyarno, usai mendengarkan pidato mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono melalui live streaming, saat menjadi narasumber dalam seminar nasional di Kampus 4 UAD.  Menurut Kasiyarno, selama ini sistem  pendidikan di Indonesia, masih jauh dari usaha membentuk dan membina karakter anak. Dalam mengajar di sekolah, para guru masih mengedepankan kekerasan agar anak bisa memahami apa yang diajarkan. Selain itu, sekolah tidak lagi mengenal pendidikan berbasis budaya, etika, moral, kasih sayang, kedisiplinan dan kejujuran siswa. Selama ini guru lebih mementingkan untuk   mengajar mata pelajaran sebanyak mungkin hanya  untuk memenuhi  jam mengajar sesuai kurikulum. Hal inilah yang menurut Kasiyarno harus diubah, dan diganti dengan inovasi pendidikan berbasis budaya, agar guru bisa membuat suasana belajar yang menyenangkan, dengan memberikan keleluasaan anak untuk mengembangkan kreatifitasnya.

 

Seminar nasional yang menghadirkan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono melalui live streaming tersebut, digelar serentak di 17 perguruan tinggi yang tersebar di 13 provinsi di Indonesia. Bahkan kegiatan ini masuk dalam rekor MURI, dengan jumlah peserta seminar terbanyak, yakni 3.000 peserta. (Hari Atmaja)

Share this with friends

Comments are closed.

Baca Juga:close