Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Perbedaan Influenza, Salesma dan Rhinitis Alergis

Perbedaan Influenza, Salesma dan Rhinitis Alergis

Teja

Perbedaan Influenza, Salesma dan Rhinitis Alergis

 

Sleman, JOGJA TV | Masyarakat sering keliru membedakan antara penyakit influenza, salesma dan rhinitis alergis. Ketiga jenis penyakit ini memiliki gejala yang hampir sama sehingga kebanyakan orang sering kali keliru dalam menanganinya.

Dalam kesempatan dialog Teras Jogja, senin (16/11) di Studio Jogja TV, Dosen Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Hendi Ristiono, MPh.Apt mengatakan penyakit influenza, salesma dan rhinitis alergis gejalanya hampir mirip. Influenza dan salesma disebabkan oleh virus dan ada peradangan pada selaput lendir hidung. Namun gejala pada influenza dirasakan lebih berat daripada salesma karena influenza selalu disertai rasa pusing sedangkan salesma tidak mesti disertai pusing.

BT 1600 Teras Jogja 16 November 2015.mpg_000957480

Selain itu, influenza juga disertai demam tinggi antara 39° – 40° celsius. sedangkan salesma hanya disertai demam ringan.

Tak hanya demam tinggi, pasien influenza juga mengalami nyeri pada persendian otot dan juga terjadi penurunan level energi yang sangat drastic. Selain itu, pasien influenza juga mengalami batuk.

Karena gejala influenza lebih berat maka pasien diharuskan istirahat. Sementara itu, orang yang menderita salesma masih bisa beraktivitas seperti biasa, sehingga tidak perlu istirahat total.

Berbeda dengan influenza dan salesma, rhinitis alergis bukan disebabkan oleh virus tetapi terjadi factor allergen, seperti debu, tungau dan lain-lain. Penderita rhinitis alergis tidak disarankan meminum obat anti alergi dalam jangka panjang. Cara tepat untuk menanganinya adalah dengan menghindari tempat yang dingin dan menghangatkan tubuh, misalnya minum air hangat.

Itulah perbedaan signifikan antara influenza, salesma dan rhinitis alergis.(Rumini)

Baca Juga: Tips Cerdas menangani Influenza

 

Tags

Category

Share this with friends

Comments are closed.

Baca Juga:close