Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Indonesia Produsen Rumput Laut Terbesar di Dunia

Indonesia Produsen Rumput Laut Terbesar di Dunia

Sleman, www.jogjatv.tv – Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan terus berupaya memperkuat posisi indonesia sebagai salah satu produsen rumput laut terbesar di dunia. Untuk memperkenalkan produk-produk dari bahan rumput laut asal Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar Pameran Rumput Laut Internasional dan Forum Bisnis Seabfex ke-5 di ruang ballroom Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Acara yang digelar dari tanggal 28 hingga 30 September 2015 ini memamerkan berbagai produk dari bahan rumput laut yang dibudidayakan di Indonesia. Produk yang dipamerkan antara lain berbentuk makanan, kosmetik, shampo dan sabun. Forum bisnis Seabfex ke-5 ini bertujuan untuk mempromosikan produk rumput laut Indonesia kepada dunia. Forum ini dihadiri beberapa pebisnis industri rumput laut dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, dan Inggris.

Data Kementerian Kelautan dan Perikanan menyebutkan, produksi rumput laut nasional pada tahun 2014 mencapai 10,2 juta ton, meningkat hingga lebih dari tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnyua. Indonesia mampu menjadi produsen rumput laut terbesar di dunia, mengungguli Republik Rakyat Tiongkok dan negara Filipina karena faktor kondisi iklim yang mendukung serta memiliki 45 persen spesies rumput laut unggulan dunia.

Rencananya, tahun 2016 mendatang, Kementerian Kelautan dan Perikanan akan mendirikan gudang penyimpanan rumput laut terbesar yang berlokasi di Indonesia Timur, seperti di NTT dan Sulawesi. Dengan adanya gudang rumput laut ini, diharapkan posisi Indonesia sebagai negara produsen rumput laut dunia dapat semakin kuat serta dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat pesisir pembudidaya rumput laut.
(Fauzan Ahmad)

Share this with friends

Comments are closed.

Baca Juga:close