Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

3000 Penyandang Disabilitas Belum Terdaftar DPS

3000 Penyandang Disabilitas Belum Terdaftar DPS

Kulonprogo, www.jogjatv.tv – Lebih dari 3.000 penyandang disabilitas di Kabupaten Kulonprogo didapati belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara atau DPS Pilkada 2017. Dalam sosialisasi DPS bagi penyandang disabilitas, diketahui dalam Daftar Pemilih Sementara Penyandang Disabilitas versi KPU hanya tercantum 950 orang pemilih. Padahal, berdasarkan data dari Persatuan Penyandang Disabilitas Kulonprogo, jumlah penyandang disabilitas yang memiliki hak pilih di Kulonprogo berjumlah 4.300 orang.

Menurut Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Kulonprogo, Wahyu Adi Nugroho, ketidakcocockan data ini dimungkinkan terjadi karena ada entry data yang terlewatkan, atau data yang dimiliki masing-masing kecamatan sebagai rujukan KPU belum valid.

Menanggapi adanya ketidakcocokan data pemilih ini, KPU berjanji akan kembali melakukan pencocokan dan pemutakhiran data dengan merujuk pada data milik organisasi yang disinkronkan dengan data di kecamatan. Dengan ini, diharapkan nantinya seluruh penyandang disabilitas di Kulonprogo yang telah memiliki hak pilih bisa menggunakan hak pilihnya.

Selain memastikan jumlah penyandang disabilitas yang memiliki hak pilih, pencocokan data ini juga akan menjadi landasan bagi KPU untuk menrancang tempat pemungutan suara yang ramah bagi para penyandang disabilitas. ( Rida Junyanto )

Share this with friends

Comments are closed.