Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Umat Hindu Gelar Melasti Sumber Mata Air Tuk Kalimas

Umat Hindu Gelar Melasti Sumber Mata Air Tuk Kalimas

Magelang, www.jogjatv.tv – Menjelang perayaan Nyepi 1938 Saka  yang akan digelar pada hari Rabu (9/3), Umat Hindu di Magelang menggelar Upacara Melasti di Sumber Mata Air Tuk Kalimas peninggalan Mataram Kuno, di lereng Gunung Andong.

 

Mengawali prosesi Melasti, Umat Hindu di Magelang Jawa Tengah melaksanakan doa bersama, dan pengambilan air suci dari Sumber Mata Air Prasasti Tuk Mas, yang berlokasi di lereng Gunung Andong, Desa Lebak, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Pengambilan air suci dilakukan oleh sejumlah pemuka Agama Hindu setempat. Sesuai dengan tulisan yang tercetak pada Prasasti Tukmas, konon air suci ini berasal dari air Sungai Gangga, yang disakralkan Umat Siwa. Dalam Upacara Melasti, rombongan umat mengarak aneka pratima dan sesaji menuju halaman Mata Air Tuk Kalimas untuk disucikan menggunakan percikan air, yang diyakini dapat menghapus segala nafsu  serta keburukan lahir dan batin. Sesuai maknanya, Melasti berarti  menyucikan diri untuk harmoni bersama alam, agar  suci baik lahir maupun batin saat Hari Nyepi, serta terhindar dari segala marabahaya.

 

Usai menggelar Melasti, prosesi dilanjutkan dengan mensakralkan pratima dan air suci di Pura Wira Buana, kompleks Akmil Kota Magelang. Air suci dari Tuk Kalimas ini nantinya akan dibawa pada Upacara Tawur Agung yang dipusatkan di kompleks Candi Prambanan. (Yuki Pramudya)

Share this with friends

Comments are closed.

Baca Juga:close