Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Peresmian Diorama Tugu Pal Putih

Peresmian Diorama Tugu Pal Putih

Yogyakarta, www.jogjatv.tv – Pemerintah DIY yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Umar Priyono, Senin (5/10) meresmikan Taman Diorama Tugu Pal Putih di kawasan Tugu Yogyakarta. Taman ini berisi enam unit informasi, yakni Perjanjian Giyanti, Tugu Golong Gilig, Tugu Pal Putih, Sumbu Imajiner, dan Sumbu Filosofi. Selain unit diorama, taman tersebut juga dilengkapi dengan miniatur Tugu Golong Gilig yang didasarkan pada salah satu naskah kuno yang saat ini disimpan di Museum Sonobudoyo Yogyakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Umar Priyono, mengatakan, diorama Tugu Pal Putih dibangun guna melengkapi Yogyakarta sebagai kota budaya, serta memberikan wawasan kepada masyarakat secara luas tentang Tugu Pal Putih.

Keberadaan Taman Diorama Tugu Pal Putih diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk melestarikan makna dan nilai penting bangunan cagar budaya, serta dapat memberikan penjelasan pada masyarakat tentang sejarah Tugu Jogja yang dulunya bernama Tugu Golog Gilig. Selain itu, taman diorama ini juga bisa menjadi pengingat masyarakat, bahwa tugu merupakan poros garis imajiner dari Gunung Merapi, tugu, Kraton Yogyakarta, Panggung Krapyak, hingga Laut Selatan. (Twin Kumilah)

Share this with friends

Comments are closed.

Baca Juga:close