Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Menikmati Legitnya Jenang Salak Berbalut Cokelat Di Hari Valentine

Menikmati Legitnya Jenang Salak Berbalut Cokelat Di Hari Valentine

Magelang, www.jogjatv.tv – Olahan buah salak kini menjadi produk makanan cemilan yang banyak dikembangkan oleh masyarakat di Desa Nglumut, Magelang, Jawa Tengah. Salah satu cemilan salak yang kini populer di pasaran adalah coklat salak, terlebih saat menjelang hari kasih sayang atau Valentine Day yang dirayakan pada tanggal 14 Februari.

Proses pembuatan coklat salak tidaklah sulit. Buah salak pilihan yang masih segar usai dipetik, dipilih yang memiliki kualitas baik untuk selanjutnya dikupas dan dibersihkan dari selaput serta bijinya. Langkah berikutnya adalah menghaluskan daging buah salak dengan cara diparut. Setelah terkumpul cukup banyak, parutan daging buah salak kemudian dimasak dengan campuran gula dan sedikit garam hingga menjadi selai yang kalis. Adonan tersebut kemudian didinginkan, kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil. Langkah selanjutnya adalah mencelupkan bola adonan salak ke coklat cair, dan ditiriskan. Agar lebih menarik, coklat salak bisa diberi toping warna-warni untuk menambah selera.

 

Meski belum lama dikembangkan, namun cemilan coklat salak ini mulai benyak penggemarnya, khususnya anak-anak muda. Banyak pelanggan memesan coklat salak untuk oleh-oleh, bingkisan atau hadiah Valentine.

Untuk saat ini coklat salak ini masih dipasarkan di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan harga Rp 70 ribu perkilogramnya. (Yuki Pramudya)

Share this with friends

Comments are closed.

Baca Juga:close