Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Makam Raja Imogiri Sisi Timur Terancam Ambrol

Makam Raja Imogiri Sisi Timur Terancam Ambrol

Bantul, www.jogjatv.tv – meski baru selesai dibangun, bangunan kompleks Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri sisi timur mulai mengalami kerusakan. Bagian sudut bangunan terlihat mengalami keretakan serius pada tiang penyangga dan fondasi, sehingga harus segera diperbaiki. Keretakan juga terjadi pada tembok pembatas bagian timur, namun kondisinya tak separah pada bagian sudut tembok. Guyuran hujan yang cukup deras pada pekan lalu diperkirakan menjadi penyebab keretakan bangunan. Demi keamanan para peziarah, pengelola makam meminta agar peziarah mencari jalur lain untuk prosesi mubeng beteng.

 

Bangunan yang rusak tersebut merupakan bagian dari proyek perluasan kompleks pemakaman oleh Dinas Kebudayaan DIY. Dalam proyek ini, bagian timur Bangsal Saptorenggo sedianya akan dimanfaatkan sebagai lokasi makam baru bagi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

 

Dari keterangan Sujar, seorang pedagang yang kesehariannya berjualan di kompleks makam, para pekerja bangunan sudah melakukan perbaikan sementara dengan memasang tiang bambu sebagai penyangga darurat. Namun untuk perbaikan permanen belum dilakukan karena masih menunggu koordinasi  dari para pemangku kepentingan.

(Anang Zainuddin)

Share this with friends

Comments are closed.

Baca Juga:close