Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Kirab Budaya Perayaan Tiong Ciu

Kirab Budaya Perayaan Tiong Ciu

Solo, www.jogjatv.tv – Ratusan warga Solo, Minggu (27/9) menyaksikan perayaan Tiong Ciu yang digelar Klenteng Tien Kok Sie Pasar Gede Solo. Perayaan dimeriahkan dengan Kirab Dewa Bumi keliling Kota Solo sejauh empat kilometer. Di sepanjang jalan prosesi kirab , masyarakat antusias menyaksikan rupang diatas tandu dan penampilan tokoh karakter Sun Go Kong serta Cu Pat Kai dari legenda Perjalanan ke Barat.

Kirab tahun ini melibatkan masyarakat Tionghoa serta komunitas dari beragam etnis. Perayaan Tiong Ciu adalah ungkapan rasa syukur dari tradisi masyarakat Tiongkok yang diselenggarakan pada pertengahan musim gugur. Sebagai negara agraris, masyarakat Tiongkok dikenal sangat dekat dengan alam dan memiliki perayaan-perayaan khusus sebagai ungkapan terima kasih pada alam . Dalam kebiasaan masyarakat Tiongkok, perayaan ini digelar setiap bulan 8 tanggal 15 Imlek.

Perayaan Tiong Ciu tahun diikuti sepuluh klenteng di Jawa Tengah, antara lain Klenteng Kwan Seng Boen Semarang, Klenteng Ageng Asih Semarang, Klenteng Xiu Fa Thang Salatiga, dan Klenteng Tjoe Hwe Kiong Rembang.

(Sazadi Abdilah)

Share this with friends

Comments are closed.

Baca Juga:close