Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Jelang Natal Penjualan Patung Bayi Yesus Laris

Jelang Natal Penjualan Patung Bayi Yesus Laris

Solo, www.jogjatv.tv – Setiap menjelang natal pernak pernik natal selalu diburu oleh masyarakat yang merayakan natal. Salah satu yang menjadi favorit adalah patung bayi keluarga kudus yang salah satunya merupakan patung bayi Yesus Kristus.

Joko Purwanto seorang perajin patung di wilayah Gandekan, Solo, Jawa Tengah, membuat Patung bayi Yesus Kristus dari bahan fiber yang dicampur dengan resin atau kalsium dengan komposisi sesuai yang dibutuhkan. Adonan tersebut kemudian dicampur dengan katalis yang berfungsi untuk mengeringkan. Kemudian secara perlahan adonan dituang kedalam cetakan silikon, cetakan harus diputar agar adonan bisa mengisi seluruh detail dengan merata. Proses ini memakan waktu sekitar dua puluh menit Karena sudah dicampur katalis maka adonan akan segera mengering setelah seluruh cetakan terisi.Proses selanjutnya adalah pewarnaan dengan menggunakan cat minyak. Setelah semua bagian diberi warna patung dilapisi dengan melamin untuk menjaga warna agar tidak pudar.

Menurut Joko tingkat kesulitan dalam membuat patung ini cukup rumit, Selain ukurannya yang kecil banyak detail karakter yang harus dibuat.

Dalam satu set patung natal yang dibuat Joko ada 14 karakter seperti Yusuf, Maria, dan Bayi Yesus Kristus, ada juga tiga Orang Majus dan Domba. Menjelang natal penjualan patung ini meningkat pesat selain di Solo Joko juga memasarkan patung buatannya ke Yogyakarta, Jakarta, dan Manado. Untuk satu set patung natal dijual mulai harga Rp. 500.000 rupiah.

( Heru Kristianto )

Share this with friends

Comments are closed.

Baca Juga:close