Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Giriloyo Tawarkan Paket Belajar Membatik

Giriloyo Tawarkan Paket Belajar Membatik

www.jogjatv.tv – Diakuinya batik oleh UNESCO memberikan dampak positif pada industri batik di Indonesia. Salah satunya adalah sentra industri batik yang terletak di Dusun Giriloyo, Wukirsari, Imogiri Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sentra batik Giriloyo mengadakan pelatihan membatik bagi siapa saja yang tertarik belajar membatik, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

44

Sudah sejak dulu kala Dusun Giriloyo terkenal sebagai sentra batik. Hal ini karena sebagian besar warga setempat memiliki ketrampilan membatik yang diwariskan dari para pendahulunya. Hampir di setiap rumah warga dijumpai adanya aktivitas membatik yang dilakukan secara tradisional. Di dusun ini ibu-ibu dan remaja putri terlihat lihai menorehkan canting di atas lembaran kain putih. keahlian membatik ini mereka miliki secara turun temurun. Meski demikian, kemampuan membatik bisa dimiliki oleh siapa pun asalkan berbekal kesabaran dan ketelatenan. Hal ini penting karena akan sangat berpengaruh pada batik yang dihasilkan. Nilai estetika yang ada pada batik memang tidak lepas dari kesabaran dan ketelatenan dari pembuatnya.

33

Menyadari bahwa Dusun Giriloyo menjadi sentra industri batik  maka warga dusun setempat tak hanya sekedar menjual produk batik di show room-show room tetapi mereka juga menawarkan jasa berupa paket belajar membatik.

Pelatihan membatik ini hampir dilakukan setiap hari bertempat di Pendopo Giriloyo. Antusiasme masyarakat maupun wisatawan yang ingin belajar membatik juga cukup banyak. Bahkan bisa mencapai sepuluh ribu orang setiap tahunnya.

Tak hanya orang dewasa saja yang belajar membatik di tempat ini. Namun anak-anak juga terlihat semangat ikut belajar membatik. Seperti yang dilakukan anak-anak TK ini. Mereka mencoba menggoreskan kuas yang berisi malam di atas lembaran kain ukuran sapu tangan. tak cukup itu saja mereka juga dilatih untuk melakukan proses pewarnaan meski hanya satu warna. Setelah itu, kain yang telah melalui proses pewarnaan tersebut dilorod dan kemudian dijemur. Belajar membatik yang dilakukan para siswa TK itu pun akhirnya selesai.

55

Paket belajar membatik di dusun Giriloyo selain untuk melestarikan keberadaan batik tulis juga bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi warga setempat.(Rum)

 

 

Share this with friends

Comments are closed.

Baca Juga:close