Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Festival Batik Tanah Surga

May

18

Sleman, JOGJA TV|  Indonesia layak disebut tanah surga karena kekayaan sumber daya alam, seni dan budayanya sangat beragam. Salah satu produk budaya bangsa Indonesia yang sangat terkenal adalah batik. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki budaya batik dengan ciri khasnya masing-masing. Berangkat dari pemikiran ini MJA Entertainment dengan didukung oleh Dinas Pariwisata Provinsi DIY dan Gerakan Cinta Batik  akan menyelenggarakan event Festival Batik Tanah Surga selama tiga hari, mulai 19-21 Mei 2017 bertempat di Jogja Expo Centre (JEC) Yogyakarta.

Festival Batik Tanah Surga merupakan event besar yang di dalamnya terdapat tiga kegiatan yang digelar secara bersamaan. Ketiga event tersebut adalah Pameran Batik dari masa ke masa, pemilihan putra putri batik tanah surga, dan lomba fotografi batik dimana-mana. Di akhir acara dari pelaksanaan festival batik tanah surga  akan dibuat sebuah buku yang menceritakan tentang sejarah batik. Demikian diungkapkan oleh Penasehat Acara Festival Batik Tanah Surga, Henky Hernanda saat menjadi narasumber Teras Jogja, senin (15/05/17) di Studio Jogja TV.

TEJA 17.00 15 MEI 2017.mpg_000120433

Sekitar 90 stand batik dari seluruh daerah di Indonesia, seperti Madura, Pekalongan, Surakarta dan lain-lain akan meramaikan event tersebut. Stand-stand tersebut akan memamerkan dan menjual produk batik tulis, cap dan kombinasi mulai dari harga murah sampai harga mahal.

Selain itu, masyarakat bisa melihat koleksi batik Kraton Yogyakarta yang selama ini jarang diketahui oleh masyarakat umum. “Batik Kraton juga akan dibawa ke lokasi untuk diperkenalkan”, kata Duta Gerakan Cinta Batik, Bayu Kuntani.

TEJA 17.00 15 MEI 2017.mpg_000558246

Event yang tak kalah menarik adalah pemilihan Putra-Putri Batik Tanah Surga. Sekretaris Panitia, Resi Putra mengatakan  pemilihan Putra putri Batik Tanah Surga dibagi menjadi tiga kategori. Kategori anak-anak: usia 6– 11 th, remaja usia 12 – 16 th dan dewasa usia 16-25 th. Bagi masyarakat yang tertarik mengikuti pemilihan putra putri batik tanah surga bisa mengambil formulir pendaftaran di secretariat panita di Pyramid Caffe, Jl. Parangtritis KM, 5,6 Bantul Yogyakarta atau juga bisa download di www.mjaentertainment.blogspot.co.id. Biaya pendaftaran antara Rp.100.000,- – Rp.200.000,- tergantung kategori yang diikuti. Pendaftaran dibuka sampai tgl 17 Mei 2017.

TEJA 17.00 15 MEI 2017.mpg_001125916

Untuk seleksi pemilihan putra putri batik tanah surga akan dilaksanakan pada hari ke tiga (21/05/17). Nantinya akan diambil 10 finalis untuk selanjutnya masuk ke grand final yang akan digelar pada malam hari. Hadiah yang disediakan untuk lomba ini adalah trophi, piagam dan uang pembinaan.

Event menarik lainnya yang akan diselengarakan dalam festival batik tanah surga adalah lomba Fotografi “dimana-mana”. Untuk lomba ini tidak ada batasan usia atau pun jenis kamera yang digunakan. Masyarakat bebas memotret batik di mana saja dan dengan jenis kamera apapun. Yang penting hasil jepretan harus disertai caption. Peserta harus mengirimkan foto batik ukuran 10 R. selanjutnya foto tersebut akan dipajang di galeri saat acara festival berlangsung.

Untuk lomba fotografi peserta dikenakan biaya Rp.150.000,-.  Formulir pendaftaran bisa diambil di secretariat panitia atau download di www.mjaentertainment.blogspot.co.id. Pendaftaran dibuka hingga 17 Mei 2017.

Selain itu, festival batik tanah surga juga akan dimeriahkan dengan lomba foto selfi. Bagi masyarakat yang tertarik dengan dunia selfi bisa ikut acara ini tentunya dengan memakai atribut yang sudah disediakan panitia. “Tidak harus pakai batik tapi pakai atribut acara kita,” kata Henky Hernanda.

Festival Batik Tanah Surga bukan sekedar event biasa tetapi memiliki tujuan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih mengenal dan mencintai batik sebagai budaya bangsa. Batik berbeda dengan produk printing yang saat ini marak ditemukan di pasaran. Melalui event ini masyarakat akan mengetahui tentang batik yang sebenarnya. Bahwa batik adalah sebuah proses mulai dari mendesain, mencanting, mewarnai, melorod dan sebagainya. (Rum) Sumber: Teras Jogja, senin 15/05/17).

 

 

 

Share this with friends

Baca Juga:close