Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Edhi Sunarso Di Mata Seniman

Edhi Sunarso Di Mata Seniman

Bantul, www.jogjatv.tv – Empu Ageng Edhi Sunarso, yang dikenal sebagai pencipta Patung Selamat Datang di Jakarta, meninggalkan kesan yang mendalam di mata para seniman Nusantara. Para seniman pun turut mengantarkan kepergian Edhi Sunarso di peristirahatan terakhirnya di komplek Makam Seniman dan Budayawan Girisapto Imogiri.

 

Jemek Supardi, seniman pantomim kawakan mengaku sangat bersedih dengan kepergian Edhi Sunarso. Menurut Jemek, sang empu ageng dengan berbagai karya monumentalnya berhasil membawa nama bangsa ke kancah seni inernasional.

 

Sementara itu, Heri Faizul, pematung dan yunior dari Edhi Sunarso, mengaku kagum dengan apa yang diciptakan oleh almarhum. Menurutnya, karya-karya almarhum mampu merepresentasikan semangat juang anak bangsa. Patung Tugu Pancoran adalah salah satu karya yang hingga kini melegenda dan menjadi landmark Kota Jakarta, begitu pula dengan monumen Tugu Muda yang menjadi landmark Kota Semarang.

 

Pematung yang juga anak didik dari Edhi Sunarso, Mahyar, mengaku sangat berhutang budi pada almarhum, yang mengajaknya ikut serta ke Jakarta untuk bergabung dalam pembuatan Diorama Monumen Nasional di Tugu Monas . Dari situlah secara tidak langsung ia menyerap ilmu mematung dari sang maestro yang kemudian ia geluti hingga saat ini. (Anang Zainuddin)

Share this with friends

Comments are closed.

Baca Juga:close