Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Angka Penderita HIV/AIDS Meningkat

Angka Penderita HIV/AIDS Meningkat

Magelang, www.jogjatv.tv – Memperingati Hari AIDS sedunia, aktivis dan relawan peduli HIV-AIDS yang tergabung dalam Be-Positive, menggelar aksi kampanye tentang pentingnya pencegahan penyebaran virus HIV-AIDS. Dalam kegiatan yang berlangsung di lapangan Rindam IV Diponegoro Kota Magelang tersebut, para aktivis membagikan bendera Hari AIDS dan selebaran berisi informasi mengenai virus HIV. Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang keberadaan penderita HIV-AIDS, sebagai unjuk solidaritas bersama kepada ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS) serta memberi pengetahuan mengenai cara pencegahan, penyebaran, dan bahaya virus dari HIV-AIDS.

Dinas Kesehatan Kota Magelang mencatat, angka orang dengan HIV-AIDS di Kota Magelang mengalami peningkatan. Hingga bulan November 2015, tercatat 85 warga di Kota Magelang positif menderita HIV-AIDS. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibanding tahun 2013 yang hanya 15 kasus. Dari 85 ODHA tersebut, lima diantaranya masih balita dan 15 lainnya masih dalam pendampingan oleh Be-Positive.

 

Meningkatnya jumlah ODHA di Kota Magelang disebabkan oleh minimnya informasi tentang penanggulangan penyebaran virus yang mematikan tersebut. Karenanya, Be-Positive menggelar kegiatan sosialisasi akan pentingnya pencegahan penularan HIV-AIDS sejak dini.

 

Selain membagi-bagikan bendera dan selebaran, dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari AIDS sedunia tersebut, juga digelar fashion show dengan kostum unik, musik akustik, hingga pemeriksaan voluntary counseling test (VCT) gratis. Melalui kegiatan ini, para relawan dan aktivis juga berupaya mengubah stigma negatif masyarakat terhadap ODHA. Pasalnya, masih banyak orang yang berperilaku diskriminatif terhadap ODHA, padahal ODHA seharusnya dirangkul dan dimotivasi. (Yuki Pramudya)

Share this with friends

Comments are closed.

Baca Juga:close