Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Bantul Rawan Terjadi Gempa Berpotensi Tsunami

Bantul Rawan Terjadi Gempa Berpotensi Tsunami

Sleman, www.jogjatv.tv – Kepala Pusat Gempa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jakarta, Riyadi, meminta agar masyarakat di Pesisir Selatan Bantul untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana gempa dan tsunami. Ini dikarenakan di Laut Selatan Pulau Jawa sekitar wilayah Bantul terdapat subduksi atau daerah sumber gempa.

Guna mengantisipasi jatuhnya korban jiwa, BMKG Yogyakarta menggelar gladi ruang mitigasi gempa bumi dan tsunami khusus bagi SKPD terkait, camat, kades dan tokoh masyarakat di Kabupaten Bantul. Bencana gempa dan tsunami patut diwaspadai karena berpotensi menimbulkan kerusakan besar serta tidak dapat diprediksi kapan terjadinya. Melalui pelatihan ini, diharapkan aparat terkait dapat meningkatkan kemampuan dalam menginformasikan ancaman gempa kepada masyarakat, sehingga, dapat menentukan langkah tepat untuk menyelamatkan diri jika bencana sewaktu-waktu terjadi.

Menyadari bahwa wilayahnya rawan terjadi gempa bumi, Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto mengapresiasi pelatihan yang dilakukan dan telah memasang sembilan unit sistem peringatan dini sebagai langkah antisipasi bencana. (Subardi)

Share this with friends

Comments are closed.