Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

Ribuan Warga Antusias Saksikan Kirab Ageng Jumenengan PA X

Ribuan Warga Antusias Saksikan Kirab Ageng Jumenengan PA X

Yogyakarta, www.jogjatv.tv – Kadipaten Puro Pakualaman Yogyakarta Kamis (7/1) menggelar Kirab Ageng Prosesi Jumenengan Dalem Paku Alam X. Ribuan warga nampak antusias menyaksikan langsung kirab ageng yang dimulai dari kawasan Puro Pakualaman Yogyakarta.

 

Kirab diawali prajurit Puro Pakualam dan pasukan gajah. Dalam kirab ini, Paku Alam X menaiki kereta Kyai Manik Kumolo yang ditarik enam ekor kuda putih. Kereta yang sudah berusia sekitar dua abad ini dahulu merupakan hadiah dari Kerajaan Inggris. Kereta PA X ini diikuti lima kereta lainnya, yakni Kereta Rejo Pawoko, Kereta Kyai Jolodoro, Kereta Roro Kumenyar, Kereta Kyai Brojonolo, serta Kereta Kyai Manik Brojo yang masing-masing ditarik empat ekor kuda.

 

Selain bentuk pelestarian budaya, pihak Puro Pakualaman sengaja menggelar kirab ageng ini untuk mengenalkan sosok raja baru Kadipaten Pakualam, KBPH Prabu Suryodilogo yang kini menjadi KGPAA Sri Paduka Paku Alam X. Warga berharap, sosok Paku Alam X yang nantinya akan menjadi Wakil Gubenur Daerah Istimewa Yogyakarta ini bisa lebih dekat dengan warganya. (Fauzan Ahmad)

Share this with friends

Comments are closed.