Style Sampler

Layout Style

Patterns for Boxed Mode

Backgrounds for Boxed Mode

5 Rupa Nutup Agustusan : HUT RI 70 & IKAISYO 33

5 Rupa Nutup Agustusan : HUT RI 70 & IKAISYO 33

Kontemporer

5 Rupa Nutup Agustusan : HUT RI 70 & IKAISYO 33

Sleman, JOGJA TV | Seniman mempunyai cara sendiri dalam memperingati HUT RI ke 70. Kali ini para seniman menggelar acara sketsa bersama, pameran seni dan arisan bersama yang dikemas dalam acara Lima Rupa Nutup Agustusan.

Sketsa bersama digelar (21/08/15) di rumah mantan Rektor UGM, Sofyan Effendi dengan mengambil obyek prosesi siraman manten. Prosesi siraman menjadi daya tarik bagi empat seniman jogja untuk diabadikan dalam karya sketsa. Mereka adalah Hendro Purwoko, Harsono Sapuan, Godod Sutedjo dan Valentino Febri.

Jika biasanya para perupa membutuhkan tempat sunyi dalam membuat sketsa namun kali ini mereka harus bisa konsentrasi membuat sketsa siraman di tengah kerumunan banyak orang. Sehingga prosesi siraman ini menjadi tantangan tersendiri bagi para perupa.

Mereka mengamati secara detail setiap urutan prosesi siraman untuk kemudian dituangkan dalam kanvas. Masing-masing seniman menghasilkan karya sketsa berbeda-beda sesuai dengan obyek yang diamati.

Hendro Purwoko membuat karya berjudul “Siraman manten putri, Daniel manten, uborampe, Arita manten, pisang sanggan dan besanku.

kontemporer_hendro_purwo_daniel_manten-qpr

Daniel manten

Harsono Sapuan mengabadikan karya berjudul “Manten putri dan manten kakung.

kontemporer_harsono_sapuan_manten_putri_dan_manten

manten kakung

Sementara itu seniman kondang Godod Sutedjo membuat karya sketsa berjudul “ Ngantenan, pengantin dan cinta tanah air.

kontemporer_godod_sutedjo_ngantenan-qpr

Tak ketinggalan juga seniman muda Valentino Febri yang membawakan karya berjudul “Siraman putri, pengantin numpak gajah, pengantin anyar dan manten putri. Seniman muda ini banyak memilih warna-warna cerah di kanvasnya.

kontemporer_valentino_febri_siraman_putri-qpr

Karya sketsa dari empat seniman tersebut dipajang di Galeri Posnya Seni Godod. Tak hanya karya sketsa yang ditampilkan dalam event tersebut namun dua patung pahlawan karya perupa Yusman juga dihadirkan. Patung pahlawan yang ditampilkan adalah Kopral Tora dari Jambi dan Sultan Hassanudin dari Makasar.

kontemporer_yusman_dua_patung_pahlawan-qpr

dua patung pahlawan

Event Lima Rupa Nutup Agustusan menjadi bukti kecintaan para seniman terhadap tanah air. Selain itu juga menjadi ajang silaturahmi antar seniman yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Seni Yogyakarta—IKAISYO.

 

Tags

Category

Share this with friends

Comments are closed.

Baca Juga:close